Alat-Bantu-Makan-BayiAlat makan bayi dan alat makan untuk orang dewasa sudah barang tentu berbeda. Hal ini dikarenakan bayi belum dapat mencerna makanan dengan sempurna. Nah untuk mempermudah anda memberikan makanan pada si kecil, selain kebersihan dari makanan itu sendiri, alat makan yang dipergunakan untuk bayi pun harus kita perhatikan.

Apa saja yang harus kita perhatikan dalam memilih alat makan untuk bayi? Yuk kita lihat beberapa tips berikut ini :

Pemilihan piring/mangkuk.

Pilih piring/mangkuk yang tidak terlalu besar, bentuknya bulat dan tidak tajam di bagian tepinya.

Untuk memudahkan si kecil belajar menyendok, pada saat mereka mulai belajar makan sendiri, pilih piring/mangkuk yang ada pegangan tangannya

 

Pemilihan sendok untuk bayi.

  • Untuk bayi usia 4-8 bulan :

Pada usia 4-8 bulan, bayi baru mulai belajar makan makanan padat, untuk itu gunakan sendok makan yang tidak terlalu cekung dan pilih tepi sendok yang tidak terlalu tajam atau keras agar tidak melukai gusi anak.

Untuk memudahkan kita saat menyuapi makanan, pilih sendok dengan gagang yang cukup panjang dan terbuat dari karet atau plastik lunak.

  • Untuk bayi usia 9-12 bulan :

Di usia 9 s.d 12 bulan, bayi sudah mulai bisa diajarkan untuk memegang sendoknya sendiri. Untuk itu, pilih sendok makan yang ujungnya agak lebar dan memiliki  gagang yang pendek dan tebal. Sendok dengan model ini akan mempermudah bayi anda memegang dan memasukan makanan sendiri ke dalam mulutnya.

 

Pemilihan cangkir untuk bayi

  • Untuk bayi usia 4-8 bulan :

Pada usia ini, bayi mulai belajar minum, untuk itu pilihlah cangkir yang tidak terlalu besar dan tidak berat. Agar tidak mudah pecah, saat terjatuh atau dibanting si kecil, pilih cangkir yang terbuat dari plastik atau melamin.

Untuk menjaga agar minuman tidak mudah tumpah dan bayi anda tidak mudah tersedak, pilih cangkir dengan dua pegangan dan dilengkapi dengan tutup cangkir yang lunak dan fleksibel.

  • Untuk bayi usia 9-12 bulan :

Untuk bayi usia 9 s.d 12 bulan, untuk melatih bayi agar terampil menggunakan gelas, kita bisa menggunakan cangkir dengan 1 pegangan atau tanpa pegangan  dan dilengkapi dengan tutup yang berlubang seperti dot atau sedotan.

 

Pemilihan Tadah Liur

Tadah liur berguna untuk melindungi baju bayi dari tumpahan makanan yang jatuh, saat si kecil makan. Tadah liur atau yang sering juga disebut slaber atau Bib memiliki beberapa model, diantaranya yaitu yang berbahan handuk, terbuat dari plastic dengan tambahan tadahan makanan di bawahnya bahkan ada pula yang menyerupai baju (biasanya khusus dipakai untuk anak yang lebih kecil).

Untuk memudahkan anak bergerak, pilih tadah liur yang bermodel bulat atau elips dengan tali yang diikat ke leher.

 

Pemilihan Kursi Makan

Agar acara makan menjadi lebih mudah dan aman, saat si kecil mulai menginjak usia 6 bulan, kita bisa mulai menggunakan kursi makan di saat menyuapinya.

Saat ini tersedia berbagai jenis kursi makan untuk bayi, ada yang pendek, tinggi atau bahkan bisa dibawa kemana-mana (portable). Namun hal utama yang harus kita perhatikan yaitu faktor keamanan dan kenyamanan anak. Salah satunya perhatikan apakah pengait atau pengunci kursi benar-benar aman saat mereka duduki.

 

Semoga bermanfaat.. :)

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Tagged with:

Filed under: Uncategorized

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!